Indramayu Kota Wisata

     InformasiTerkini27 - Indramayu Kota Wisata. Indramayu merupakan sebuah kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat. Mungkin nama kabupaten ini masih terasa asing bagi mereka yang tinggal diluar wilayah Jawa Barat. Tapi Kota Indramayu memiliki banyak sekali potensi wisata yang menjadikannya layak untuk dikunjungi. Maka dari itu kota ini dijuluki dengan nama Indramayu Kota Wisata. Mungkin nama Indramayu belum seterkenal dari kota Bandung, Bogor, Garut atau kota lain di Jawa barat, tapi mengenai destinasi wisata di Indramayu tidak boleh dipandang sebelah mata. Indramayu mempunyai obyek wisata menarik seperti pantai, situ dan pulau, hingga wisata sejarah.

     Tempat wisata yang ada di Indramayu memang menjadi daya tarik tersendiri. Untuk itu banyak sekali wisatawan asing yang tak sungkan untuk mengunjungi kota kecil ini. Entah itu dari Indonesia maupun luar negeri. Biaya masuknya pun relatif murah berkisar 20.000 hingga 50.000 Ribu Rupiah saja. Jadi anda jangan melewatkan kesempatan yang langka ini, mau melihat Pantai, Pulau, Sejarah, dan Adat Budaya disini tempatnya di kota mangga yakni Indramayu. Maka dari itu, masyarakat Indramayu sering menyebutnya dengan sebutan Indramayu Kota Wisata. Karena kota Indramayu memang mempunyai berbagai macam wisata yang indah dan menawan yang patut anda kunjungi. 

  • 3 Wisata Yang Ada di Indramayu
1. Pulau Biawak


Hasil gambar untuk pulau biawak

     Saat mengunjungi pulau ini, anda akan disambut dengan menara mercusuar kuno yang di bangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872. Pulau ini menjadi destinasi wisata yang patut anda kunjungi karena keindahannya yang luar biasa. Pulau ini mempunyai taman laut dengan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri.

2. Pantai Tirtamaya

Hasil gambar untuk tirtamaya

     Pantai Tirtamaya yang terletak di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu. Tempat wisata ini masih menjadi andalan Pemkab Indramayu untuk menarik perhatian wisatawan dari Indonesia maupun luar Negeri untuk bisa datang dan berkunjung ke Kabupaten Indramayu.

3. Karangsong

Hasil gambar untuk karangsong

     Karangsong merupakan objek wisata yang wajib anda kunjungi. Selain menikmati pemandangan pantainya yang indah, anda juga bisa melihat kesibukan para nelayan yang sedang membongkar ikan hasil tangkapan. Ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai ini. Selain itu,anda juga bisa membeli ikan yang masih fresh dan baru ditangkap ini ditempat pelelangan ikan yang ada di dekat sini.

  • 3 Kuliner Yang Ada Di Indramayu

1. Rumbah

Hasil gambar untuk rumbah

     Jika di kota Jakarta punya gado - gado dan Bandung punya lotek maka Indramayu punya rumbah. Sama seperti halnya gado-gado atau lotek, rumbah merupakan makanan yang terdiri atas sayuran yang sebelumnya sudah dimasak dengan cara direbus. Beberapa sayuran yang biasa digunakan pada menu ini adalah kangkung, kacang panjang, tauge, timun, kol, dan beberapa jenis sayuran lainnya. Bahan baku tersebut kemudian disiram bumbu kacang.

2. Blengep

Hasil gambar untuk blengep

     Jika sebelumnya banyak makanan dari Indramayu yang terbuat dari ketan, berbeda dengan blengep ini yang terbuat dari singkong yang diolah. Blengep ini merupakan makanan tradisional khas Indramayu yang banyak dibuat oleh masyarakat Indramayu pada umumnya. Singkong yang akan dijadikan belengep ini biasanya diisi dengan gula merah dan diatasnya ditaburi potongan kelapa kecil-kecil yang sebelumnya sudah digoreng.

3. Dodol 

Hasil gambar untuk dodol indramayu

     Dodol merupakan makanan khas Indonesia yang disetiap daerahnya banyak macamnya. Tidak hanya ada di Garut yang terkenal sebagai daerah penghasil dodol terenak di Indonesia. Indramayu pun memiliki ragam dodol yang tidak kalah lezat dan enaknya. Indramayu memiliki dua macam dodol yang tentu saja lezat. Dodol Indramayu terdiri atas dua jenis, yaitu dodol lolos dan dodol gula merah. Dodol lolos biasa juga disebut dodol basah. Sama seperti dodol pada umumnya, dodol basah juga terbuat dari tepung beras yang diberi gula merah. Yang membedakan dodol yang satu ini adalah teksturnya yang sedikit lebih basah dan diatasnya diberi toping ampas santan yang menggumpal.

  • 2 Seni dan Budaya Yang Ada di Indramayu

1. Tarling

Hasil gambar untuk tarling

     Tarling merupakan singkatan dari Gitar Suling. Tarling merupakan seni musik dan lagu yang pada awalnya ditampilkan dalam bentuk nyanyian (kiser) yang diiringi oleh gitar dan suling saja. Sejalan dengan perkembangan zaman, kesenian tarling mengalami perkembangan dan perubahan yang cepat. Saat ini tarling sudah dilengkapi dengan alat-alat musik yang modern. Kendati pun demikian Tarling klasik masih banyak diminati oleh wisatawan.

2. Sandiwara


Hasil gambar untuk sandiwara dwi warna

     Hampir mirip dengan seni pertunjukkan ketoprak yang ada di daerah Jawa Tengah dan Timur, di Indramayu pun ada seni drama yang sebagian besar mengisahkan tentang legenda dan sejarah yang ada di indramayu. Sandiwara adalah sebuah pertunjukan pentasan sebuah cerita atau disebut pula lakon dalam bahasa Jawa. Sebuah sandiwara bisa berdasarkan skenario atau tidak. Apabila tidak, maka semuanya dipentaskan secara spontan dengan banyak improvisasi.

Subscribe to receive free email updates: